GpriTSCiTpG5GSY9TpMoGfO9TY==

Begini Faktanya! Apakah Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026 Karena Bahrain Disanksi FIFA?

Begini Faktanya! Apakah Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026 Karena Bahrain Disanksi FIFA?
(Dok, Ist)

NganjukTerkini.id – Baru-baru ini, sebuah unggahan video di YouTube menyebarkan klaim bahwa Timnas Bahrain telah dijatuhi sanksi oleh FIFA dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Narasi dalam video tersebut menyebutkan bahwa sanksi tersebut diberikan karena penggemar Bahrain menggunakan laser hijau yang diarahkan ke pemain Jepang dalam pertandingan antara Bahrain dan Jepang pada 10 September 2024.

Lebih jauh, klaim tersebut menyatakan bahwa Indonesia otomatis lolos kualifikasi Piala Dunia 2026 akibat sanksi yang dijatuhkan pada Bahrain.


Klarifikasi:

Berdasarkan penelusuran lebih lanjut, insiden penggunaan laser hijau oleh penggemar Bahrain memang terjadi, sebagaimana diakui oleh Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu. Ia menyatakan bahwa penggemar Bahrain mencoba mengganggu pemain Jepang dengan sinar laser, terutama ketika striker Jepang, Ayase Ueda, bersiap untuk mengeksekusi penalti.

Selain itu, penggemar Bahrain juga mencemooh lagu kebangsaan Jepang sebelum pertandingan dimulai di Stadion Nasional Bahrain.


"Tapi saya ingin melihat akhir dari ejekan yang terjadi selama lagu kebangsaan di pertandingan hari ini, dan upaya untuk menghalangi pemain saya, yang bisa menyebabkan kerusakan fisik pada mereka," kata Moriyasu, seperti dilansir dari Japan Times.


Meski insiden ini menimbulkan kritik dan kekecewaan, hingga saat ini belum ada informasi resmi dari FIFA terkait sanksi yang dijatuhkan kepada Bahrain akibat tindakan suporter tersebut.

Situs resmi FIFA juga tidak mencantumkan informasi mengenai pemberian sanksi kepada Bahrain.


Apakah Indonesia Lolos Kualifikasi?

Narasi yang menyebutkan bahwa Indonesia lolos langsung dari kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akibat sanksi terhadap Bahrain adalah klaim yang tidak benar.

Hingga saat ini, Timnas Bahrain masih dijadwalkan untuk bertanding dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C, termasuk melawan Indonesia pada 10 Oktober 2024, serta Arab Saudi pada 16 Oktober, China pada 14 November, dan Australia pada 19 November.

Klaim bahwa Indonesia otomatis lolos kualifikasi Piala Dunia 2026 karena Bahrain mendapatkan sanksi dari FIFA adalah hoaks.

Hingga saat ini, belum ada sanksi resmi dari FIFA terhadap Bahrain terkait insiden penggunaan laser oleh penggemar.

Pertandingan antara Bahrain dan tim-tim lain di Grup C, termasuk Indonesia, masih akan berlangsung sesuai jadwal.

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network